Penyuluhan Pertanian “Bokashi Pupuk Kandang”

Sabtu, 2 Februari 2013 10:31 WIB

Penyuluhan oleh Bu Rahayu dari BPPK Tegalrejo

Penyuluhan oleh Bu Rahayu dari BPPK Tegalrejo

Donorojo – Kehidupan di Donorojo tidak lepas dari yang namanya pertanian. Pertanian menjadi mata pencaharian utama warga Donorojo. Tingginya harga pupuk kimia buatan dan kelangkaan pupuk di sejumlah wilayah saat ini sangat meresahkan para petani, tak terkecuali petani di Desa Donorojo. Oleh karena itu Senin (28/1/2013) kemarin TIM I KKN-PPM Universitas Diponegoro mengadakan penyuluhan pembuatan pupuk organik yaitu bokashi pupuk kandang.

Bokashi merupakan hasil fermentasi bahan-bahan organik seperti sekam, serbuk gergajian, jerami, kotoran hewan dan lain-lain. Bahan-bahan tersebut difermentasikan dengan bantuan mikroorganisme aktivator yang mempercepat proses fermentasi. Kegiatan ini dilaksanakan atas kerja sama langsung dengan Badan Penyuluh Pertanian Kecamatan (BPPK) Tegalrejo. Kerjasama ini dimaksudkan agar terjalin hubungan baik antara dinas penyuluh pertanian dengan warga.

Membuat Adonan

Membuat Adonan

Kegiatan ini dimulai sekitar pukul 13:00 WIB dengan materi yang diisi oleh Ibu Rahayu, penyuluh dari BPPK. Materi yang diberikan meliputi pupuk organic (bokashi) dan cara penanaman padi model baru. Kegiatan dilaksanakan di salah satu rumah warga di Dusun Barongan tepatnya rumah bapak Zaenal Arifin, kepala dusun tersebut. Warga terlihat antusias dengan adanya penyuluhan tersebut. Hal ini terlihat dari banyaknya pertanyaan yang muncul dari warga. Kegiatan dilanjutkan dengan praktek pembuatan bokashi pupuk kandang, kegiatan ini didampingi langsung oleh ibu Rahayu. Warga pun terlibat dalam pembuatan pupuk tersebut.

“Kegiatan penyuluhan seperti ini harusnya diadakan sejak dulu dan rutin dilakukan mbak. Kegiatan ini sangat dibutuhkan warga sini yang kebanyakan petani. Saya atas nama warga mengucapkan terima kasih telah mengadakan kegiatan ini”, ucap kadus Barongan, Zaenal Arifin. “Selama ini saya sering dengar nama Ibu Rahayu, tapi saya tidak tahu orangnya yang mana. Dengan adanya kegiatan peyuluhan ini saya jadi tahu yang namanya Ibu Rahayu, penyuluh dari dinas penyuluh pertanian”, ungkap salah satu warga.

Mengaduk Adonan

Mengaduk Adonan

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi petani di Desa Donorojo dan dapat terjalin hubungan baik antara warga dan Badan Peyuluh Pertanian Kecamatan. “Semoga dengan adanya kegiatan ini warga jadi tahu kalau ada Dinas Peyuluh Pertanian di Tegalrejo, jadi kalau warga ada pertanyaan atau masalah tentang pertanian bisa langsung mendatangi tempat kami”, ungkap Ibu Rahayu (Fitrika).

Tentang Desa Donorojo

Sentra Kerajinan Centong di Kecamatan Tegalrejo Kabupaten Magelang
Pos ini dipublikasikan di Kegiatan KKN. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Penyuluhan Pertanian “Bokashi Pupuk Kandang”

  1. dg situru' berkata:

    Joss gandos om; mantab itu pupuk.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s