Pembagian Minyak Ikan di Posyandu Dusun Klagen

Kamis, 7 Februari 2013 20:38 WIB

DONOROJO – Posyandu merupakan salah satu kegiatan rutin yang dilakukan di Desa Donorojo. Kegiatan ini dijadwalkan setiap minggu di dusun yang berbeda. Untuk minggu ini, Rabu (06/02), kegiatan Posyandu dilaksanakan di Dusun Klagen, dan Tim I KKN-PPM Undip 2013 ikut serta di dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan Posyandu

Kegiatan Posyandu

Kegiatan dimulai pukul 08:30 WIB bertempat di Pos PAUD Mekar I, Klagen. Seluruh peserta Posyandu diperkirakan berjumlah 40 orang. Kegiatan Posyandu sendiri meliputi: penimbangan berat badan bayi, cek kesehatan dan perkembangan bayi, dll. Tim I KKN-PPM Undip 2013 kali ini mengikuti kegiatan Posyandu guna mengisinya dengan beberapa kegiatan tambahan, diantaranya adalah sosialisasi tentang manfaat minyak ikan terutama untuk bayi dan balita serta pembagian sampel minyak ikan sebanyak 5 kapsul per orang.

Minyak ikan sendiri diketahui banyak memiliki manfaat. Untuk bayi dan janin, berperan dalam perkembangan otak atau kecerdasan anak dengan adanya kandungan omega-3 di dalamnya. Manfaat bagi orang dewasa diantaranya adalah dapat menghambat kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Adanya DHA dan EPA yang terkandung dalam omega-3 dari minyak ikan juga dapat menurunkan resiko serangan jantung koroner, menguatkan pembuluh darah, dan dapat mengatasi tekanan darah rendah. Harga minyak ikan ini juga cukup terjangkau, yaitu Rp 5.000/50 butir dan bisa didapatkan di apotek terdekat. Minyak ikan sendiri dapat dikonsumsi 1 kapsul setiap hari, bisa untuk bayi, dewasa, maupun untuk usia lanjut.

Ibu-ibu Posyandu terlihat cukup antusias dengan adanya sosialisasi dan pembagian sampel minyak ikan di dusun mereka ini. Hal itu terlihat dari adanya beberapa pertanyaan yang muncul dari peserta Posyandu, sehingga kegiatan Posyandu tersebut berlangsung interaktif. Bidan desa, Rike Novasari mengatakan, “sosialisasi ini merupakan kegiatan positif mba, karena biar ibu-ibu lebih mengetahui tentang manfaat minyak ikan. Selama ini mereka memang sudah mengenal adanya minyak ikan, tetapi belum mengetahui jelas manfaatnya seperti apa, konsumsinya yang bagus bagaimana. Ya diharapkan kegiatan ini lebih menambah pengetahuan ibu-ibu di Dusun Klagen ini (Maulina).

Tentang Desa Donorojo

Sentra Kerajinan Centong di Kecamatan Tegalrejo Kabupaten Magelang
Pos ini dipublikasikan di Kegiatan KKN. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s