Pelajaran Tambahan bagi Siswa SD/MI Donorojo

Senin, 21 Januari 20:05 WIB

DONOROJO – Pendidikan adalah hal yang sangat penting dalam membangun suatu negara. Terkait masalah pendidikan, Desa Donorojo memiliki taraf pendidikan yang memang relatif rendah. Hal itu disebabkan oleh berbagai faktor, diantaranya: kurangnya perhatian dan kepedulian orang tua kepada pendidikan anak, dan yang terutama adalah masalah ekonomi.

Pelajaran Tambahan bagi Siswa SD Donorojo

Pelajaran Tambahan bagi Siswa SD Donorojo

“Masalah disini sebenarnya terkait dengan pendidikan mbak. Coba sekiranya bisa, tolong berikan pelajaran tambahan, terutama untuk siswa kelas 5 dan 6 SD. Apalagi kelas 6 akan menghadapi ujian nasional, sedangkan orang tua mereka kurang memperhatikan pendidikan anak-anaknya”, ungkap Arif Setiadin, S.E., Kepala Desa Donorojo.

Berdasarkan pendapat tersebut, mahasiswa Tim I KKN-PPM UNDIP berinisiatif untuk mengadakan kegiatan pelajaran tambahan bagi kelas 5 dan 6. Hal ini diharapkan dapat sedikit membantu siswa SD/MI di Desa Donorojo. Kegiatan pembelajaran dilakukan di SDN Donorojo, MI Yakti Donorojo, dan di 2 dusun lain yang tidak tercakup dalam kedua sekolah tersebut, yaitu Dusun Monosari dan Gegunung.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini, anak-anak memiliki antusiasme yang cukup besar. Hal ini terlihat dari respons mereka ketika kegiatan ini berlangsung. Kegiatan dimulai pada hari Senin, 21 Januari 2013. Untuk SD dan MI pukul 13:00, dan pukul 14:30 untuk kegiatan pembelajaran di dusun. Pelajaran yang diberikan bergilir setiap harinya. Untuk SD dan MI, pelajaran yang diberikan adalah Matematika, Bahasa Indonesia, dan IPA. Sedangkan untuk kegiatan di dusun, pelajaran yang diberikan menyesuaikan peserta yang hadir karena terdiri dari berbagai macam kelas, dari kelas 1 – 6.

Kegiatan ini mendapat dukungan yang cukup besar dari pihak orang tua, guru, dan perangkat desa. “pemberian pelajaran tambahan ini positif sekali mbak, daripada anak-anak itu kerjaannya main kesana-kesini ga bener kalau sore, mending mereka berkumpul dan belajar bersama sama mbak-mbak dan mas-mas”, ujar Sobirin, Kepala Dusun Monosari. Kegiatan ini sudah dijadwalkan berlangsung intensif selama 3 minggu, dari tanggal 21 Januari sampai dengan 7 Februari, dari hari Senin – Kamis (Maulina).

Tentang Desa Donorojo

Sentra Kerajinan Centong di Kecamatan Tegalrejo Kabupaten Magelang
Pos ini dipublikasikan di Kegiatan KKN. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s