Aktivasi Kembali Perpustakaan Desa

Minggu, 20 Januari 2013 09:45 WIB

Donorojo – Sabtu (19/01/2012) Tim I KKN-PPM Universitas Diponegoro Semarang mengadakan kerja bakti dalam upaya pengaktifan kembali perpustakaan desa. Perpustakaan desa merupakan tempat atau sarana mengoleksi buku atau rekaman lain untuk kepentingan masyarakat desa sebagai upaya meningkatkan budaya membaca. Adanya perpustakaan desa akan membantu masyarakat agar lebih paham mengenai ilmu pengetahuan lain. Dimana perpustakaan desa ini bebas dipakai oleh semua lapisan masyarakat yang membutuhkan informasi atau materi yang lebih dalam mengenai suatu hal yang belum mereka ketahui. Di desa Donorojo sendiri sudah lama terdapat perpustakaan desa. Namun, naas perpustakaan desa yang seharusnya bisa digunakan untuk kepentingan masyarakat luas, kini mangkrak tak terawat. Sudah hampir 20 tahun lebih rak-rak perpustakaan dibiarkan terbengkalai dengan buku berserakan. Buku-buku yang ada di perpustakaan desa pun tampak usang dan tak layak pakai.

Bersih-bersih Perpustakaan

Bersih-bersih Perpustakaan

Pengaktifan kembali perpustakaan desa oleh Tim I KKN-PPM UNDIP dimaksudkan untuk membantu warga Desa Donorojo yang rata-rata tingkat pendidikan mereka hanya sampai Sekolah Dasar. Alasan ekonomi lah yang menjadi faktor utama, mengapa kebanyakan warga Donorojo tidak melanjutkan ke jenjang berikutnya. Sabtu siang itu juga kegiatan kerja bakti dilakukan dengan pengecatan kembali ruang perpustakaan lama yang bersebelahan dengan PAUD Donorojo. Pemilahan dan penataan buku-buku layak pakai diusahakan supaya buku yang berada di perputakaan dapat digunakan secara maksimal oleh warga yang membutuhkan ilmu pengetahuan lebih. Dimana sebagian besar buku tak layak pakai dikumpulkan dan dimanfaatkan untuk kepentingan lain. Sementara buku yang masih layak pakai ditata kembali sesuai dengan kelompok buku.

Buku-buku yang berada di perpustakaan desa sebagian besar adalah buku keluaran lama. Banyak buku yang masih sangat bermanfaat bagi warga desa Donorojo, misalnya buku mengenai membuat getuk lindri, buku memanfaatkan pekarangan, buku kesehatan, buku pertanian, pengolahan makanan dan buku mengenai pengenalan huruf. Selain itu ada penambahan buku dari Tim I KKN-PPM UNDIP, yaitu berupa buku-buku pelajaran untuk sekolah dasar dan sekolah menengah pertama, buku-buku resep masakan, dan majalah edukasi. Diharapkan  dengan pengaktifan kembali perpustakaan desa Donorojo animo warga untuk membaca juga lebih meningkat, dan kendala ekonomi bukan menjadi alasan utama bagi warga Donorojo untuk mendapatkan pengetahuan yang lebih luas jika belum mampu melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi (Rully).

Tentang Desa Donorojo

Sentra Kerajinan Centong di Kecamatan Tegalrejo Kabupaten Magelang
Pos ini dipublikasikan di Kegiatan KKN. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s