Sekilas tentang Donorojo

Donorojo adalah salah satu dari 21 desa di Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang. Terletak bagian timur laut Tegalrejo, berbatasan langsung dengan Kecamatan Grabag. Secara geografis, di sebelah timur Donorojo berbatasan dengan Desa Mangunrejo, di sebelah selatan berbatasan dengan Desa Japan dan Desa Klopo, sebelah barat berbatasan dengan Desa Ngadirejo, dan di sebelah utara berbatasan dengan Desa Lebak Kecamatan Grabag. Donorojo terdiri dari 7 dusun, yakni Dusun Klagen, Jengkol, Klaseman, Barongan, Kempong, Monosari, dan Gegunung, serta terdiri dari 16 RT dan 7 RW.

Peta Desa Donorojo

Peta Desa Donorojo

Posisi koordinat Desa Donorojo pada 110° 16’ 42” BT sampai dengan 110° 18’ 55” BT dan 7° 25’ 45” LS sampai dengan 7° 26’ 35” LS. Terletak pada elevasi +480 m sampai +577 m DPL (di atas permukaan air laut rata-rata). Memiliki luas wilayah ±140 ha, terdiri dari atas 107,6 ha persawahan, 5,4 ha tegalan, 18,6 permukiman, dan 8,4 kebun atau hutan. Dengan kondisi alam seperti itu, sebagian penduduk Donorojo bermata pencaharian sebagai petani. Tanaman yang banyak dibudidayakan di Donorojo ialah padi, cabai, jagung, dan aneka sayuran.

Lanskap Desa  Donorojo

Lanskap Desa Donorojo

Jumlah KK di Donorojo sebanyak 355, jumlah penduduk total sebanyak 1346 orang, terdiri dari 662 laki-laki dan 684 perempuan. Memiliki fasilitas umum berupa masjid sebanyak 7 buah yang terletak di masing-masing dusun, 3 musala, 1 Sekolah Dasar, 1 Madrasah Ibtidaiyah, 2 Taman Kanak-kanak, 2 PAUD, dan 4 TPQ. Masyarakat Donorojo merupakan masyarakat yang agamis, terdiri atas 100 % pemeluk agama Islam, dan masih menjaga adat budaya religius dengan mengadakan kegiatan tahlilan dan pengajian secara rutin.

Siswa Sekolah Dasar Negeri Donorojo

Siswa Sekolah Dasar Negeri Donorojo

Desa Donorojo memiliki beberapa UMKM unggulan, salah satunya yang paling menonjol adalah kerajinan centong. Keunggulan centong dari Desa Donorojo ialah bentuknya yang menarik dan harganya yang terjangkau. Centong tersebut terbuat dari kayu jenis sonokeling dan semacamnya. Para perajinnya tersebar hampir di setiap dusun. Tiap perajin mengerjakan satu tahap pembuatan, mulai dari pemotongan, pembubutan, pengamplasan, dan pemolesan. Centong hasil produksi dari Desa Donorojo sudah dipasarkan hampir ke seluruh kota di Pulau Jawa.

Perajin Centong Bersama Kades Donorojo

Perajin Centong Bersama Kades Donorojo

Selain centong, di Donorojo ada kerajinan talenan, tas anyaman plastik, dan batu bata. Hasil pertanian yang melimpah di Donorojo adalah cabai. Cabai dari Donorojo telah dikirim ke beberapa kota besar seperti Semarang, Jakarta, dan lain-lain.

Donorojo memiliki berbagai macam potensi, baik sumber daya manusia maupun sumber daya alam yang melimpah. Potensi tersebut harus dikelola dengan baik dan bijak agar manfaatnya dapat dirasakan oleh warga Desa Donorojo khususnya dan masyarakat pada umumnya. (Faisol)

Tentang Desa Donorojo

Sentra Kerajinan Centong di Kecamatan Tegalrejo Kabupaten Magelang
Pos ini dipublikasikan di Profil Desa. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s